Rekondisi Mesin Kijang 3K Timbul Bunyi Kasar
Rekondisi Mesin Kijang 3K Timbul Bunyi Kasar -
Mesin Kijang 3K,
Mesin berjenis OHV dengan kapasitas 1200cc, dan sanggup menghasilkan tenaga
maksimum sampai dengan 55hp pada 6000 Rpm dan torsi maksimum yang bisa
dihasilkan adalah 93Nm pada 3800 Rpm. Mesin 3k sebenarnya tidak hanya
digunakan pada mobil kijang saja (Kijang Buaya/KF10) Tapi juga digunakan pada mobil Corolla KE20. Mesin ini tergolong tua, sekitar tahun 1977-1980 jadi untuk tahun sekarang
pasti sudah banyak ditemukan kerusakan, contohnya yang akan kita bahas
yaitu bunyi kasar saat mesin hidup.
Proses rekondisinya sebagai berikut.
Pertama, dilakukan Identifikasi Kerusakan
Dalam melaksanakan Rekondisi Mesin 3K ini, proses identifikasi kerusakan
terlebih dahulu dilakukan. Hal ini diharapkan dapat diketahui kerusakan apa
saja yang perlu dilakukan perbaikan pada mesin 3K
Mesin Kijang 3K ketika dapat dihidupkan timbul suara kasar yang tidak
normal.
Suara kasar yang tidak normal bisa disebabkan oleh beberapa kemngkinan,
antara lain celah katup yang terlalu lebar dan keausan komponen pada
mekanisme engkol.
Maka hal pertama yang dilakukan adalah menyetel celah katup nya, jika sudah
distel tetapi masih bunyi kasar, berarti ada kerusakan di bagian komponen
mekanisme engkol, dan harus dilakukan pembongkaran.
Kedua, dilakukan Pembongkaran
Pembongkaran atau Over Haul mesin dapat dilakukan dengan cara menurunkan
mesin dari mobil terlebih dahulu. tahapan lebih jelasnya kita bahas di
artikel selanjutnya. baca juga:
Overhaul Mesin 3K Sesuai Prosedur
Ketiga, dilakukan Pemeriksaan
Setelah dibongkar (OverHaul) komponen diperiksa dan diukur dengan alat
ukur.
nah, biasanya penyebab kasar dimekanisme engkol itu karena main bearing
biasanya disebut metal duduk, crank pin bearing atau metal jalan, atau bisa
juga bagian crankshaft nya yang sudah aus, ausnya itu berupa baret2 di
permukaannya.
cara memperbaikinya yaitu mengganti bearing/metal2 tersebut dan dilakukan
undersize.
Keempat, dilakukan Perakitan
Setelah diperiksa dan diperbaiki mesin dirakit dan distel kemudian
dinaikkan ke mobil kembali.
Tentunya penyebab kerusakan diatas tidak hanya itu saja, bisa saja komponen
komponen lainnya, hanya yang biasa ditemukan aja yang saya bahas diatas
dalam artikel Rekondisi Mesin Kijang 3K Timbul Bunyi Kasar
.
Comments
Post a Comment