Rekondisi Mesin Kijang 3K Timbul Bunyi Kasar

Rekondisi Mesin Kijang 3K Timbul Bunyi Kasar -

Mesin Kijang 3K, Mesin berjenis OHV dengan kapasitas 1200cc, dan sanggup menghasilkan tenaga maksimum sampai dengan 55hp pada 6000 Rpm dan torsi maksimum yang bisa dihasilkan adalah 93Nm pada 3800 Rpm. Mesin 3k sebenarnya tidak hanya digunakan pada mobil kijang saja (Kijang Buaya/KF10) Tapi juga digunakan pada mobil Corolla KE20. Mesin ini tergolong tua, sekitar tahun 1977-1980 jadi untuk tahun sekarang pasti sudah banyak ditemukan kerusakan, contohnya yang akan kita bahas yaitu bunyi kasar saat mesin hidup.
Proses rekondisinya sebagai berikut.

Pertama, dilakukan Identifikasi Kerusakan

Dalam melaksanakan Rekondisi Mesin 3K ini, proses identifikasi kerusakan terlebih dahulu dilakukan. Hal ini diharapkan dapat diketahui kerusakan apa saja yang perlu dilakukan perbaikan pada mesin 3K
Mesin Kijang 3K ketika dapat dihidupkan timbul suara kasar yang tidak normal.
Suara kasar yang tidak normal bisa disebabkan oleh beberapa kemngkinan, antara lain celah katup yang terlalu lebar dan keausan komponen pada mekanisme engkol.
Maka hal pertama yang dilakukan adalah menyetel celah katup nya, jika sudah distel tetapi masih bunyi kasar, berarti ada kerusakan di bagian komponen mekanisme engkol, dan harus dilakukan pembongkaran.

Kedua, dilakukan Pembongkaran

Pembongkaran atau Over Haul mesin dapat dilakukan dengan cara menurunkan mesin dari mobil terlebih dahulu. tahapan lebih jelasnya kita bahas di artikel selanjutnya. baca juga: Overhaul Mesin 3K Sesuai Prosedur

Ketiga, dilakukan Pemeriksaan

Setelah dibongkar (OverHaul) komponen diperiksa dan diukur dengan alat ukur.
nah, biasanya penyebab kasar dimekanisme engkol itu karena main bearing biasanya disebut metal duduk, crank pin bearing atau metal jalan, atau bisa juga bagian crankshaft nya yang sudah aus, ausnya itu berupa baret2 di permukaannya.
cara memperbaikinya yaitu mengganti bearing/metal2 tersebut dan dilakukan undersize.

Keempat, dilakukan Perakitan

Setelah diperiksa dan diperbaiki mesin dirakit dan distel kemudian dinaikkan ke mobil kembali.
Tentunya penyebab kerusakan diatas tidak hanya itu saja, bisa saja komponen komponen lainnya, hanya yang biasa ditemukan aja yang saya bahas diatas dalam artikel Rekondisi Mesin Kijang 3K Timbul Bunyi Kasar .

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur