Cara Merawat Ban Mobil
Cara Merawat Ban Mobil
- Ban adalah bagian mobil yang bersinggungan langsung dengan permukaan
jalan. Karena itu harus ditangani dan dirawat dengan benar agar dapat
diperoleh pengendaraan aman, nyaman dan ekonomis.
(Baca Juga:
Pengertian Ban Mobil
)
TEKANAN UDARA BAN
Tekanan udara pada ban adalah faktor penting bagi kemampuan dan keselamatan
berkendaraan. Meskipun ban dibuat dari bahan yang rapat, udara masih dapat
bocor walaupun sedikit.
Oleh karena itu tekanan udara pada ban harus diperiksa secara teratur dan
disesuaikan dengan spesifikasinya.
1. Tekanan Udara ban yang berlebihan
Tekanan udara ban yang berlebihan dari yang ditentukan dapat mengakibatkan
problema berikut:
(a)Bidang gesek tread menjadi berkurang sehingga menurunkan kemampuan
pengereman dan stabilitas berkendaraan.
(b) Kenyamanan berkendaraan berkurang.
(c) Bagian tengah tread aus lebih cepat.
(d) Lapisan benang ban terlalu tegang dan mudah rusak karena adanya
tumbukan dari luar.
(e)Lapisan karet tread mudah terkelupas karena panas gesekan yang
terkonsentrasi dibagian tengah tread.
2. Tekanan Udara ban yang kurang
Tekanan udara ban yang kurang dapat menyebabkan:
(a) Gesekan ban dengan jalan bertambah sehingga menyerap tenaga dan
menghabiskan bahan bakar lebih banyak.
(b) Kemudi bertambah berat.
(c) Tepi ban aus lebh cepat.
(d) Ban menjadi terlalu lentur sehingga temperatur dalamnya bertambah. Bila
tekanan udara ban rendah sekali dan kecepatan kendaraan tinggi. ban dapat
pecah sehingga dapat membahayakan.
(e) Peda kecepatan tinggi cenderung terjadi standing wave dan mengalami
hidroplaning.
PENTING!
Pada kecepatan tinggi tekanan udara ban di- tambah sebesar 0,2- 0,3 kg/sm2
dari tekanan standar. Hal ini untuk mengurangi sifat lentur- nya dan
mencegah problema pada uraian (d) dan (e) di atas.
3. Memeriksa tekanan udara ban
(a) Ban harus dalam keadaan dingin sebelum melakukan pemeriksaan dan
penambahan udara.
(b) Pergunakan selalu pengukur tekanan (tire pressure gauge) dan jangan
hanya diperiksa secara visual.
(c) Sesuakanlah dengan spesifikasi dalam Pedoman Reparasi, lembaran data
service, atau pedoman pemilik kandaraan untuk mengetahui tekanan udara ban
yang benar untuk bermacam-macam tingkat beban.
PENTING!
Bila tekanan udara ban bertambah disebabkankan karena panas, jangan
mengurangi kelebihan udara dari ban, tekanan akan menjadi normal kembali
setelah ban menjadi dingin. Bila udara dikeluarkan saat ban dalam keadaan
panas, maka tekanan akan turun di bawah normal setelah ban menjadi dingin.
Pastikan bahwa keadaan pentil tidak bocor setelah dilakukan pemeriksaan
tekanan udara.
ROTASI BAN
Sebaiknya keempat ban (lima termasuk ban cadangan) mengalami keausan yang
sama. Penggunan ban pada satu posisi (misalnya depan kiri, belakang kanan,
dan seterusnya) dalam waktu yang lama akan menghasilkan bentuk keausan
tertentu.
umumnya ban depan pada kendaraan yang berpenggerak roda belakang keausannya
lebih cepat 10- 20 % dari pada ban belakang. Keausan pada tepi bagan luar
lebih cepat, Penyebabnya adalah:
a. Pada umumnya beban bekerja lebih besar pada roda depan dibandingkan
dengan roda belakang.
b. Pada membelok beban terbesar bekerja pada roda depan bagian luar.
c. Pada roda depan terdapat camber dan toe-in.
Ban harus dirotasi secara teratur (mengganti dari satu posisi ke posisi
lainnya), sehingga keausannya akan merata dan penggunaan menjadi lebih
lama.
1. Ban Bias
Ban bias dapat dipindahkan dari satu sisi ke sisi lainnya.
2. Ban Radial
Bila ban radial dipindahkan ke sisi lain akan menimbulkan suara berisik dan
akan menjadi cepat rusak, sebab arah putaran roda menjadi berlawanan dengan
arah semula. Karena itu dianjurkan melakukan rotasi ban radial ke arah sisi
yang sama, seperti diperlihatkan pada gambar berikut.
PENTING!
Sambil melakukan rotasi ban, periksalah keadaan ban kemungkinan retak, aus
tidak normal, dan sebagainya.
Pada beberapa model kendaraan, tekanan udara untuk ban depan dan ban
belakang berbeda, sesuaikan tekanan udara ban dengan spesifikasi setelah
rotasi ban.
Ban cadangan jangan dirotasi, karena penggunaannya hanya untuk sementara.
Bila pada side wall terdapat tanda arah putaran sesuaikanlah arah
putarannya.
Itu saja penjelasan pada artikel yang berjudul Cara Merawat Ban Mobil. Semoga bermanfaat!
(Sumber: New Step 1/Toyota)
Comments
Post a Comment