Cara Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil - Ban adalah bagian mobil yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Karena itu harus ditangani dan dirawat dengan benar agar dapat diperoleh pengendaraan aman, nyaman dan ekonomis.



TEKANAN UDARA BAN

Tekanan udara pada ban adalah faktor penting bagi kemampuan dan keselamatan berkendaraan. Meskipun ban dibuat dari bahan yang rapat, udara masih dapat bocor walaupun sedikit.
Oleh karena itu tekanan udara pada ban harus diperiksa secara teratur dan disesuaikan dengan spesifikasinya.



1. Tekanan Udara ban yang berlebihan

Tekanan udara ban yang berlebihan dari yang ditentukan dapat mengakibatkan problema berikut:
(a)Bidang gesek tread menjadi berkurang sehingga menurunkan kemampuan pengereman dan stabilitas berkendaraan.
(b) Kenyamanan berkendaraan berkurang.
(c) Bagian tengah tread aus lebih cepat.
(d) Lapisan benang ban terlalu tegang dan mudah rusak karena adanya tumbukan dari luar.
(e)Lapisan karet tread mudah terkelupas karena panas gesekan yang terkonsentrasi dibagian tengah tread.

2. Tekanan Udara ban yang kurang

Tekanan udara ban yang kurang dapat menyebabkan:
(a) Gesekan ban dengan jalan bertambah sehingga menyerap tenaga dan menghabiskan bahan bakar lebih banyak.
(b) Kemudi bertambah berat.
(c) Tepi ban aus lebh cepat.
(d) Ban menjadi terlalu lentur sehingga temperatur dalamnya bertambah. Bila tekanan udara ban rendah sekali dan kecepatan kendaraan tinggi. ban dapat pecah sehingga dapat membahayakan.
(e) Peda kecepatan tinggi cenderung terjadi standing wave dan mengalami hidroplaning.

PENTING!
Pada kecepatan tinggi tekanan udara ban di- tambah sebesar 0,2- 0,3 kg/sm2 dari tekanan standar. Hal ini untuk mengurangi sifat lentur- nya dan mencegah problema pada uraian (d) dan (e) di atas.

3. Memeriksa tekanan udara ban

(a) Ban harus dalam keadaan dingin sebelum melakukan pemeriksaan dan penambahan udara.
(b) Pergunakan selalu pengukur tekanan (tire pressure gauge) dan jangan hanya diperiksa secara visual.
(c) Sesuakanlah dengan spesifikasi dalam Pedoman Reparasi, lembaran data service, atau pedoman pemilik kandaraan untuk mengetahui tekanan udara ban yang benar untuk bermacam-macam tingkat beban.

PENTING!
Bila tekanan udara ban bertambah disebabkankan karena panas, jangan mengurangi kelebihan udara dari ban, tekanan akan menjadi normal kembali setelah ban menjadi dingin. Bila udara dikeluarkan saat ban dalam keadaan panas, maka tekanan akan turun di bawah normal setelah ban menjadi dingin.
Pastikan bahwa keadaan pentil tidak bocor setelah dilakukan pemeriksaan tekanan udara.

ROTASI BAN

Sebaiknya keempat ban (lima termasuk ban cadangan) mengalami keausan yang sama. Penggunan ban pada satu posisi (misalnya depan kiri, belakang kanan, dan seterusnya) dalam waktu yang lama akan menghasilkan bentuk keausan tertentu.
umumnya ban depan pada kendaraan yang berpenggerak roda belakang keausannya lebih cepat 10- 20 % dari pada ban belakang. Keausan pada tepi bagan luar lebih cepat, Penyebabnya adalah:
a. Pada umumnya beban bekerja lebih besar pada roda depan dibandingkan dengan roda belakang.
b. Pada membelok beban terbesar bekerja pada roda depan bagian luar.
c. Pada roda depan terdapat camber dan toe-in.


Ban harus dirotasi secara teratur (mengganti dari satu posisi ke posisi lainnya), sehingga keausannya akan merata dan penggunaan menjadi lebih lama.

1. Ban Bias

Ban bias dapat dipindahkan dari satu sisi ke sisi lainnya.



2. Ban Radial

Bila ban radial dipindahkan ke sisi lain akan menimbulkan suara berisik dan akan menjadi cepat rusak, sebab arah putaran roda menjadi berlawanan dengan arah semula. Karena itu dianjurkan melakukan rotasi ban radial ke arah sisi yang sama, seperti diperlihatkan pada gambar berikut.



PENTING!
Sambil melakukan rotasi ban, periksalah keadaan ban kemungkinan retak, aus tidak normal, dan sebagainya.
Pada beberapa model kendaraan, tekanan udara untuk ban depan dan ban belakang berbeda, sesuaikan tekanan udara ban dengan spesifikasi setelah rotasi ban.
Ban cadangan jangan dirotasi, karena penggunaannya hanya untuk sementara. Bila pada side wall terdapat tanda arah putaran sesuaikanlah arah putarannya.



Itu saja penjelasan pada artikel yang berjudul Cara Merawat Ban Mobil. Semoga bermanfaat!

(Sumber: New Step 1/Toyota)

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur