Bahaya asap kendaraan bermotor bagi lingkungan


Bahaya asap kendaraan bermotor bagi lingkungan - Hallo sobat, pada artikel sebelumnya yang berjudul 5 unsur yang terkandung dalam gas buang, sudah dijelaskan beberapa kandungan yang ada pada asap atau gas buang dari kendaaraan bermotor, khususnya bermotor bensin. Dan perlu diketahui juga bahwa dalam gas buang kendaraan bermotor terdapat berbagai komponen yang berbahaya bagi tubuh manusia. Diantaranya gas CO (karbon monoksida), HC, Gas Karbondioksida (CO2), serta kabut karbon. Baca juga: 5 unsur yang terkandung dalam gas buang
Berikut adalah komponen–komponen gas buang yang berbahaya bagi kesehatan:

Gas Karbon Monoksida (CO)

Jika terhirup kedalam paru-paru maka gas ini akan beredar bersamaan dengan darah dan menghalangi masuknya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karena gas CO bersifat racun, ikut bereaksi secara metabolis dengan darah (Hb). Ikatan karbon monoksida dengan darah (karboksihaemoglobin) lebih stabil daripada ikatan oksigen dengan darah (oksihaemoglobin), sehingga darah menjadi lebih mudah menangkap gas CO dan fungsi vital darah sebagai pengangkut terganggu.
Apabila peredaran darah terganggu maka efek yang dirasakan oleh tubuh manusia adalah pusing, rasa tidak enak dimata, sakit kepala dan mual (jika konsentrasi gas CO rendah). Ini bisa menjadi sangat berbahaya ketika konsentrasi gas CO tinggi, efeknya yaitu detak jantung meningkat, rasa tertekan di dada, sulit untuk bernafas, kelemahan otot, serangan jantung dan berujung pada kematian.

Hidrokarbon (HC)

Hidrokarbon di udara akan bereaksi dengan bahan-bahan lain dan akan membentuk ikatan baru yang disebut plycyclic aromatic hidrocarbon (PAH) yang banyak dijumpai di daerah industri dan padat lalulintas. Bila PAH ini masuk dalam paru-paru akan menimbulkan luka dan merangsang terbentuknya sel-sel kanker. Pengaruh hidrokarbon aromati plycyclic (PAH) pada kesehatan manusia dapat terlihat seperti di bawah ini:

1. Jenis Hidrokarbon Benzene (C6H6)

· Pada konsentrasi 100 ppm berdampak Iritasi membran mukosa
· Pada konsentrasi 3000 ppm berdampak Lemas setelah pemaparan ½ - 1 Jam
· Pada konsentrasi 7500 ppm pengaruh sangat berbahaya setelah pemaparan 1 jam
· Pada konsentrasi 20000 ppm berdampak Kematian setelah pemaparan 5 –10 menit

2. Jenis Hidrokarbon Toluena (C7H8)

· Pada konsentrasi 200 ppm berdampak Pusing lemah dan berkunang-kunang setelah pemaparan 8 jam
· Pada konsentrasi 600 ppm berdampak Kehilangan koordinasi bola mata terbalik setelah pemaparan 8 jam

Senyawa NOx

Gas buang kendaraan bermotor menyebabkan terbentuknya senyawa NOx. NOx di udara tidak beracun secara langsung kepada manusia, tetapi NOx ini bereaksi dengan bahan bahan pencemar lain dan menimbulkan terbentuknya asap kabut. Asap kabut ini mengakibatkan mata perih, sesak nafas dan tanaman layu.

Gas Karbon Dioksida (CO2)

Emisi kendaraan bermotor menyebabkan konsentrasi CO2 di atmosfer meningkat drastis hingga malampaui kemampuan tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya.Dalam keadaan normal, energi sinar matahari yang masuk ke bumi dipantulkan kembali ke angkasa dalam bentuk radiasi inframerah.Karena konsentrasi CO2 saat ini begitu besar di atmosfer sehingga pantulan inframerah tersebut di radiasikan kembali ke bumi.Efeknya, terjadi peningkatan suhu bumi secara global yang memicu terjadinya efek rumah kaca yang kini menjadi isu utama di dunia yaitu Global Warming.

Kabut Karbon

Emisi kendaraan bermotor turut pula menhasilkan kabut karbon. Kabut karbon terbentuk dari hasil pembakaran yang tak sempurna. Kabut karbon juga berperan dalam memunculkan efek negatif pada tubuh manusia, antara lain kanker. Selain itu, kabut karbon bersifat induser (pemicu pertumbuhan sel tumor).
Kandungan kandungan diatas akan sangat berbahaya jika melebihi batas konsentrasinya, maka gas buang harus dikontrol dengan cara uji emisi secara berkala agar gas buang atau asap knalpot tiap kendaraan tidak membahayakan bagi lingkungan.

Itu saja yang saya dapat jelaskan pada artikel yang berjudul Bahaya asap kendaraan bermotor bagi lingkungan. Semoga bermanfaat!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur