Pengertian dan 2 Macam Sistem EFI
Pengertian dan 2 Macam Sistem EFI
- SISTEM EFI (Electic Fuel Injection) Mesin dengan karburator konvensional,
jumlah bahan bakar yang diperlukan oleh mesin diatur oleh karburator. Pada
mesin modern dengan menggunakan sistem EFI maka jumlah bahan bakar diatur
(dikontrol) lebih akurat oleh komputer dengan mengirimkan bahan bakarnya ke
silinder injektor. Sistem EFI menentukan jumlah bahan bakar yang optimal
(tepat) disesuaikan dengan jumlah dan temperatur udara yang masuk,
kecepatan mesin temperatur air pendingin, posisi katup throttle,
pengembunan oxygen di dalam exhaust pipe, dan kondisi penting lainnya.
Komputer EFI mengatur jumlah bahan bakar untuk dikirim ke mesin pada saat
penginjeksian dengan perbandingan udara dan bahan bakar yang optimal
berdasarkan kepada karakteristik kerja mesin. Sistem EFI menjamin
perbandingan udara dan bahan bakar yang ideal dan efisiensi bahan bakar
yang tinggi pada setiap saat.
(Baca Juga: 3 Susunan Dasar Sistem EFI)
MACAM-MACAM SISTEM EFI
Sistem EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang dihisap dan untuk
mengontrol penginjeksian bahan bakar yang sesuai. Besarnya udara yang
dihisap diukur langsung dengan tekanan udara dalam intake manifold (D-EFI
sistem) atau dengan airflow meter pada sistem L-EFI.
1. Sistem D-EFI (Manifold Pressure Control Type)
Sistem D-EFI mengukur tekanan udara dalam intake manifold dan kemudian
melakukan penghitungan jumlah udara yang masuk. Tetapi karena tekanan udara
dan jumlah udara dalam intake manifold tidak dalam konvensi yang tetap,
sistem D-EFI tidak begitu akurat dibandingkan dengan sistem L-EFI.
D-EFI disebut juga "D-Jetronic" merk dagang dari Bosch. 'D' dari kata
Jerman yaitu Druck, yang berarti tekanan. "Jetronic' adalah istilah Bosch
yang berarti penginjeksian (injection) .
2. Sistem L-EFI (Airflow Cotrol Type)
Dalam Sistem L-EFI, airflow meter langsung mengukur jumlah udara yang
mengalir melalui intake manifold. Airflow meter mengukur jumlah udara
dengan sangat akurat, sistem L-EFI dapat mengontrol penginjeksian bahan
bakar lebih tepat dibandingkan dengan sistem D-EFI.
L-EFI biasa disebut "L-Jetronic", L' berasal dari bahasa Jerman 'luft' yang
berarti udara.
Sekian Penjelasan Mengenai Pengertian dan 2 Macam Sistem EFI. Semoga Bermanfaat!
(Sumber: New Step 1/Toyota)
Comments
Post a Comment