Pengertian dan 2 Macam Sistem EFI


Pengertian dan 2 Macam Sistem EFI - SISTEM EFI (Electic Fuel Injection) Mesin dengan karburator konvensional, jumlah bahan bakar yang diperlukan oleh mesin diatur oleh karburator. Pada mesin modern dengan menggunakan sistem EFI maka jumlah bahan bakar diatur (dikontrol) lebih akurat oleh komputer dengan mengirimkan bahan bakarnya ke silinder injektor. Sistem EFI menentukan jumlah bahan bakar yang optimal (tepat) disesuaikan dengan jumlah dan temperatur udara yang masuk, kecepatan mesin temperatur air pendingin, posisi katup throttle, pengembunan oxygen di dalam exhaust pipe, dan kondisi penting lainnya. Komputer EFI mengatur jumlah bahan bakar untuk dikirim ke mesin pada saat penginjeksian dengan perbandingan udara dan bahan bakar yang optimal berdasarkan kepada karakteristik kerja mesin. Sistem EFI menjamin perbandingan udara dan bahan bakar yang ideal dan efisiensi bahan bakar yang tinggi pada setiap saat. 



MACAM-MACAM SISTEM EFI 

Sistem EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang dihisap dan untuk mengontrol penginjeksian bahan bakar yang sesuai. Besarnya udara yang dihisap diukur langsung dengan tekanan udara dalam intake manifold (D-EFI sistem) atau dengan airflow meter pada sistem L-EFI. 

1. Sistem D-EFI (Manifold Pressure Control Type) 

Sistem D-EFI mengukur tekanan udara dalam intake manifold dan kemudian melakukan penghitungan jumlah udara yang masuk. Tetapi karena tekanan udara dan jumlah udara dalam intake manifold tidak dalam konvensi yang tetap, sistem D-EFI tidak begitu akurat dibandingkan dengan sistem L-EFI.

D-EFI disebut juga "D-Jetronic" merk dagang dari Bosch. 'D' dari kata Jerman yaitu Druck, yang berarti tekanan. "Jetronic' adalah istilah Bosch yang berarti penginjeksian (injection) .


2. Sistem L-EFI (Airflow Cotrol Type) 

Dalam Sistem L-EFI, airflow meter langsung mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold. Airflow meter mengukur jumlah udara dengan sangat akurat, sistem L-EFI dapat mengontrol penginjeksian bahan bakar lebih tepat dibandingkan dengan sistem D-EFI.

L-EFI biasa disebut "L-Jetronic", L' berasal dari bahasa Jerman 'luft' yang berarti udara.



Sekian Penjelasan Mengenai Pengertian dan 2 Macam Sistem EFI. Semoga Bermanfaat!

(Sumber: New Step 1/Toyota)

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur