Pengertian Oskilasi Pada Kendaraan

Pengertian Oskilasi Pada Kendaraan – Oskilasi yaitu pergerakan body kendaraan akibat gaya yang diterima dari luar. Ada beberapa macam oskilasi tergantung arah datangnya gaya. Di bawah ini ditunjukkan macam macam jenis oskilasi body kendaraan:

Pitching

Pitching adalah gerakan atau goyangan bagian depan dan belakang kendaraan ke atas dank e bawah terhadap titik pusat grafitasi kendaraan seperti pada gambar di bawah.
Gejala Oskilasi ini terjadi ketika kendaraan melalui jalan yang bergelombang atau berlubng. Disamping itu pitching mudah terjadi pada kendaraan yang memiliki pegas yang sudah lemah.

Rolling

Rolling adalah gerakan Oskilasi atau goyangan pada kendaraan kearah samping (sisi ke sisi).
Rolling dapat terjadi ketika kendaraan berbelok atau melalui jalanan bergelombang, pegas pada satu sisi kendaraan mengembang dan pegas pada sisi lainnya mengkerut sehingga body kendaraan rolling.
 

Bounching

Bounching adalah gerakan naik turun pada body kendaraan secara keseluruhan berbarengan antara depan dan belakang. Gejala Oskilasi ini dapat terjadi pada saat laju kendaraan tinggi dan pada jalan bergelombang, dan juga dapat terjadi jika pegas suspense sudah lemah. Gerakan Bounching bisa dilihat seperti pada gambar dibawah.

Yawing

Yawing adalah gerakan oskilasi pada body kendaraan mengarah memanjang ke kanan dank e kiri terhadap titik berat kendaraan, seperti pada gambar dibawah.
Yawing kemungkinan dapat terjadi pada jalan yang mengakibatkan pitching, yaitu jalan yang bergelombang atau berlubang.


Itu saja penjelasan pada artikel Pengertian Oskilasi Pada Kendaraan. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur