Penjelasan Washer Lengkap

Penjelasan Washer Lengkap - Fungsi washer untuk menyempurnakan fungsi wiper blade dan mengurangi beban pada motor dengan membersihkan debu dan binatang-binatang kecil dai kaca depan dan belakang dengan cairan pembersih Washer tipe listrik umumnya paling banyak digunakan. Tipe washer listrik terdiri dari tangki washer, motor, selang dan nozzle.



1. Tangki Washer

Bentuk tangki washer (washer tank) bervariasitergantung pada posisi penempatan dan tempat yang tersedia.


2. Motor Washer (Pompa)

Motor washer menggerakkan pompa, mongoluarkan cairan pembersih dari tangki, Tipe wound-totor dan ferrite magnet adalah yarng tersedia. Tetapi devasa in tipe ferrite magnet yang banyak digunakan.

Ada beberapa tipe pompa : tipe gigi (gear type), tips squesze dan tipe sentrifugal.
 Tipe sentrifugal lebih luas penggunaannya sebab memiliki daya tahan yang kuat untuk digunakan karena bagian-bagian yang bersentuhan kecil sekali.


Pompa sentrifugal hanya mampu mengirim cairan washer untuk pembersih, tetapi tidak mampu meng hisap cairan ke atas dari tangki, maka pompa di pasangkan dibagian bawah tangki.

3. Nozzle

Nosel washer dibuat dari pipa tembaga, alumunium atau resin dengan satu atau dua lubang. Dewasa ini, hanya digunakan nosel resin dengan lubang penyetelan (adjusting orifice). Diameter lubang orifice 0,8 1,0 mm dan jumlahnya 1-2 buah. Jenis yang normal mempunyai bentuk pengeluaran dari masing-masing lubang tanpa penyebaran.

4. Cairan Washer (Pembersih)

Cairan washer terdiri dari cairan anti beku (anti freeze) (isopropy alcohol ethylene glycol atau methanol) ditambah detergent dan zat anti karat (anti corrosive agent). Penggunaan cairan harus tidak merusak karet washer atau cat.

PENTING!
Perhatian dalam menangani pembersih kaca:
1. Gunakan cairan pembersih khusus
Bila menggunakan calran lain, kemungkinan akan menimbulkan gangguan untuk member sihkan lumpur dari kaca atau merusak wiper blade. Juga calran dapat beku pada musin dingin.
5. Isilah selalu tangki washer bila kosong.
Mengoperasikan switch washer tanpa cairan pembersih dalam tangki mentebabkan motor berputar pada kecepatan tinggi kemungkinan menimbulkan gangguan pada motor atau pompa.
6. Jangan mengoperasikan terus menerus melebihi 20 detik
Motor pembersih kaca tidak dirancang untuk dioperasikan terus menurus. Penggunaan terus-menerus dengan waktu yang lama memungkinkan motor terbakar
7. Cairan pembersih khusus selalu dicampur dengan air pembersih sebagai campuran khusus
Cairan pembersih khusus dikentalkan di dalam botol.
Tanpa mencampur saat menggunakan akan mengakibatkan tersumbat
8. Bila washer dilengkapi dengan saringan, bersihkan dengan baik.
Saringan yang tersumbat akan mengurangi jumlah pengeluaran cairan pembersih.

Itu saja penjelasan mengenai Penjelasan Washer Lengkap. Semoga bermanfaat !

(Sumber: New Step 1/Toyota)

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur