Penjelasan Wiper Lengkap

Penjelasan Wiper Lengkap - Wiper (penghapus kaca) sangat penting dan erat hubungannya dengan segi keselamatan, karena untuk menjamin pandangan pengendara agar tetap tidak terhalang, karena dapat menyapu air hujan, salju, lumpur, oli, gemuk dan binatang-binatang kecil dan kaca. Biasanya menggunakan kombinasi dengan washer air pembersih) untuk membersihkan kotoran dari kaca. Akhir-akhir ini wiper sering dipasang juga pada kaca belakang untuk meningkatkan jarak penglihatan di belakang kendaraan.

Untuk lebih meningkatkan fungsi, wiper selalu dilengkapi beberapa posisi kerja, posisi kerja wiper yang agak lambat (intermittent) dan posisi interlock dengan washer untuk mengulangi kerja wiper secara otomatis dengan waktu yang singkat setelah cairan pembersih disemprotkan. Wiper utama dan komponen washer lokasinya seperti diperlihatkan pada gambar di bawah.

wiper terdiri dari motor wiper, tuas wiper (wiper link) ntuk memindahkan tenaga gerak lengan wiper (wiper arm) dan blade untuk menyapu.



1. Motor Wiper

Motor wiper ini adalah sebuah motor magnet dengan gigi reduksi. Dua cara yang digunakan untuk menimbulkan medan magnet motor, tipe wound-rotor yang menggunakan lilitan (coil) untuk membuat elektro magnet, dan tipe ferrite magnet yang menggunakan ferrite magnet permanen.

Saat ini, ferrite magnet banyak digunakan dan telah dikembangkan karena lebih kompak, ringan, ekonomis serta menggunakan motor DC.

2. Tuas Wiper

Tuas wiper (wiper link) merubah gerak putar dan motor wiper menjadi gerak bolak-balik pada poros wiper. Dalam mekanisme gerakan tuas tipe paralel tandem, maka motor mulai memutarkan crank arm bila motor dihidupkan. Batang penghubung tarik-dorong dihubungkan dengan crank arm, menyebabkan arm bekerja untuk membuat gerak penghapusan setengah lingkaran mengelilingi poros pivot. Linking rod lain yang terpasang pada kerja arm selalu membuat gerak penghapusan setengah lingkaran secara paralel. Bila poros pivot kiri dan kanan berputar pada arah yang sama, maka lengan wiper kiri dan kanan dapat bekerja secara paralel.


3. Lengan Wiper (Wiper Arm)

Wiper arm terdiri dari head untuk mengikatnya pada wiper shaft, sebuah pegas untuk menahan blade, arm piece untuk pemasangan blade dan ratainer untuk menahan keseluruhannya. 


Biasanya wiper dapat menghalangi jarak penglihatan saat berhenti. Concealed wiper dapat menyempurna kan kelemahan ini, dengan adanya tempat penyim panan wiper yang terietak antara kaca dan kap mesin. Concealed wiper díklasifikasikan dalam 2 tipe:

Tipe Semi-Concealed

Hanya lengan wiper yang disimpan (tertutup)


Tipe Fully-Concealed

Lengan wiper dan wiper blade dapat tersimparn.


4. Wiper Blade

Wiper blade terdiri dari sebuah karet untuk menyapu permukaan kaca, suatu kombinasi dari leaf spring packing dan beberapa lever, dan clip untuk memasang blade pada bagian wiper arm (lengan wiper).


Ada beberapa cara untuk melekatkan blade pada arm.

Saat ini metode kancing sebelah tipe sekrup banyak digunakan, disebabkan tinggi keseluruhannya tidak berlebihan dan mudah memasang blade pada arm nya.


PENTING!
Perhatian dalam menangani pembersih kaca:
1. Gunakan cairan pembersih khusus
Bila menggunakan calran lain, kemungkinan akan menimbulkan gangguan untuk member sihkan lumpur dari kaca atau merusak wiper blade. Juga calran dapat beku pada musin dingin.
1. Isilah selalu tangki washer bila kosong.
Mengoperasikan switch washer tanpa cairan pembersih dalam tangki mentebabkan motor berputar pada kecepatan tinggi kemungkinan menimbulkan gangguan pada motor atau pompa.
2. Jangan mengoperasikan terus menerus melebihi 20 detik
Motor pembersih kaca tidak dirancang untuk dioperasikan terus menurus. Penggunaan terus-menerus dengan waktu yang lama memungkinkan motor terbakar
3. Cairan pembersih khusus selalu dicampur dengan air pembersih sebagai campuran khusus
Cairan pembersih khusus dikentalkan di dalam botol.
Tanpa mencampur saat menggunakan akan mengakibatkan tersumbat
4. Bila washer dilengkapi dengan saringan, bersihkan dengan baik.
Saringan yang tersumbat akan mengurangi jumlah pengeluaran cairan pembersih.


Itu saja penjelasan mengenai Penjelasan Wiper Lengkap. Semoga bermanfaat !

(Sumber: New Step 1/Toyota)

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur