Sistem Kemudi Pada Mobil
Sistem Kemudi Pada Mobil
– Oke sob, Kali ini saya akan membahas mengenai sistem kemudi pada
kendaraan khususnya mobil. Sistem kemudi sendiri adalah sistem penting pada
kendaraan yang berfungsi untuk mengatur aralh kendaraan dengan cara
membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column akan
meneruskan tenaga putarnya ke steering gear, Steering gear memperbesar
tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk meng-
gerakkan roda depan melalui steering linkage.
Tipe sistem kemudi yang digunakan tergantung dari model mobil (sistem
pemindah daya dan suspensinya apakah mobil penumpang atau komersil dan
seterusnya). Tipe yang digunakan sekarang adalah recirculating ball dan
rack & pinion, khususnya untuk mobi penumpang.
BAGIAN-BAGIAN UTAMA SISTEM KEMUDI
Pada umumnya sistem kemudi terdiri dari tiga bagian utama:
- Steering column
- Steering gear
- Steering linkage
(Baca Juga
:
Periode Pembakaran Pada Mesin Diesel
)
STEERING COLUMN
Bagian sistem kemudi pertama steering column terdiri dari main shaft yang
meneruskan putaran roda kemudi ke steering gear, dan column tube yang
mengikat main shaft ke body. Ujung atas dari main shaft dibuat meruncing
dan bergerigi.dan roda kemudi diikatkan di tempat tersebut dengan sebuah
mur.
Steering column juga merupakan mekanisme penyerap energi yang menyerap gaya
dorong dari pengemudi pada saat terjadinya tabrakan. Steering column
dipasang pada body melalui bracket column tipe breakaway sehingga steering
column dapat bergerak turun pada saat terjadinya tabrakan.
Bagian bawah main shaft dihubungkan pada steering gear melalui flexible
joint atau universal joint yang berfungsi untuk memperkecil pengiriman
kejutan yang diakibatkan oleh keadaan jalan jadi steering gear ke roda
kemudi.
Disamping mekanisme penyerap energi, pada steering column kendaraan
tertentu terdapat sistem kontrol kemudi. Misalnya mekanisme steering lock
untuk mengunci main shaft, mekanisme tilt steering untuk memungkinkan
pengemudi menyetel posisi vertical roda kemudi, Telescopic steering untuk
mengatur panjang main shaft, agar diperoleh posisi yang sesuai dan
sebagainya.
STEERING GEAR
Bagian sistem kemudi kedua steering gear tidak saja berfungsi untuk
mengarahkan roda depan, tetapi dalam waktu yang bersamaan juga berfungsi
sebagai gigi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. Untuk itu
diperlukan perbandingan reduksi yang disebut juga perbandingan steering
gear, dan biasanya perbandingan steering gear antara 18 sampai 20 : 1.
Perbandingan yang semakin besar akan menyebabkan kemudi semakin ringan
tetapi jumlah putarannya akan bertambah banyak untuk sudut belok yang sama.
Ada beberapa tipe steering gear, tetapi yang banyak digunakan dewasa ini
adalah recirculating ball dan rack & pinion.
Tipe yang recirculating ball, digunakan pada mobil penumpang ukuran sedang
sampai besar dan mobil komersil. Sedangkan tipe rack & pinion,
digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil sampai sedang.
REFERENSI
PERBANDINGAN STEERING GEAR
Untuk tipe recirculating ball, perbandingan Steering gaer diperoleh dengan
cara membagi jumlah pu- taran roda kemudi dengan jumlah gerakan pitman arm:
(Jumlah putaran roda kemudi (derajat)) : (Jumlah gerakan pitman arm
(derajat))
Untuk tipe rack dan pinion, perbandingan Steering diperoleh dengan cara
membagi jumlah putaran roda kemudi dengan sudut kemudi roda depan:
(Jumlah putaran roda kemudi (derajat)) : (Besarnya sudut belok roda
depan (derajat))
STEERING LINKAGE
Bagian sistem kemudi ketiga steering linkage terdiri dari rod dan arm yang
meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda depan. Walaupun mobil
bergerak naik turun, gerakan roda kemudi harus diteruskan ke roda-roda
depan dengan sangat tepat (akurat) setiap saat. Ada beberapa tipe steering
lingkage dan konstuksi joint yang dirancang untuk tujuan tersebut. Bentuk
yang tepat sangat mempengaruhi kestabilan pengendaraan.
Tipe Steering Linkage Untuk Suspensi Rigid
Steering linkage untuk tipe ini terdiri dari pitman arm, drag link, knuckle
arm, tie rod, dan tie rod end. Tie rod mempunyai pipa untuk menyetel
panjangnya rod.
Tipe Steering Linkage Untuk Suspensi Independen
Pada tipe ini terdapat sepasang tie rod yang disambungkan dengan relay rod
(pada tipe rack & pinion, rack berfungsi sebagai relay rod). Sebuah
pipa dipasang antara tie rod dan tie rod end untuk menyetel panjangnya rod.
Itu saja yang dapat saya jelaskan pada artikel yang berjudul Sistem Kemudi Pada Mobil. Semoga Bermanfaat!
(Sumber: New Step 1/Toyota)
Comments
Post a Comment