Apa itu Mekanisme Katup ?
Apa itu Mekanisme Katup ?-
Mekanisme katup (valve mechanism) merupakan bagian penting dari
mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) 4 langkah (4
stroke) yang berfungsi untuk mengatur terjadinya proses hisap, proses
kompresi, proses usaha, proses buang) pada siklus di dalam mesin agar
menghasilkan tenaga sesuai dengan berbagai tingkat percepatan. Mekanisme
katup pada intinya digunakan untuk mengatur pembukaan dan penutupan
saluran, baik itu saluran masuk (intake manifold) maupun saluran
buang (exhaust manifold) sehingga proses yang terjadi pada ruang
bakar (combustion chamber) dapat bekerja secara sistematis dan
teratur. Proses-proses yang terjadi pada siklus mesin 4 langkah sangat
tergantung dari kinerja mekanisme katup. Mekanisme katup memiliki dua tipe,
yaitu:
OHV (Over Head Valve)
Over Head Valve adalah tipe mekanisme katup yang paling tua, untuk mobil
mobil modern sudah jarang digunakan. Pada tipe ini camshaft berada dibawah
(dibagian cylinder blok mesin) dan menggunakan push rod untuk menggerakkan
rocker arm atau pelatuk katup.
Konstruksinya sebagai berikut:
Komponen mekanisme katup OHV:
a. Katup
b. Pegas katup
c. Rocker arm
d. Push rod
e. Valve lifter
f. Camshaft
g. Cylinder head
OHC (Over Head Camshaft)
Over Head Camshaft adalah tipe mekanisme katup selain OHV, tipe ini banyak
digunakan pada mobil mobil modern.Yang membedakan dari tipe OHV adalah tipe
OHC ini camshaft berada diatas atau di cylinder head, langsung menekan
rocker arm tanpa perantara push rod.
Konstruksinya sebagai berikut:
Kemudian saya akan menjelaskan komponen komponen yang ada pada mekanisme
katup
a. Katup (Valve)
Katup pada mesin berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru dan
pengeluaran gas bekas, untuk melaksanakan kerja tersebut katup harus
membuka dan menutup tepat pada waktuya. Pada saat katup terbuka poros kam
berada pada pengangkatan (high cam), terbukanya katup ditekan olehrocker arm, pada saat katup tertutup poros kam pada posisi bebas ( low cam), pegas katup akan mengembalikan/menarik katup untuk
menutup
b. Pegas katup (valve spring)
Pegas katup berfungsi untuk mengembalikan posisi katup. Jika camshaft digunakan untuk membuka katup maka valve spring
berfungsi sebaliknya untuk menutup katup.
c. Rocker Arm
Rocker arm
dipasang pada rocker shaft, bila rocker arm ditekan keatas oleh
batang penekan, katup akan tertekan dan terbuka. Rocker arm di
lengkapi dengan sekrup dan mur pengunci untuk penyetelan katup.
d. Batang Penekan (Push Rod)
Batang penekan berbentuk batang yang kecil masing-masing dihubungkan pada
pengangkat katup dan rocker arm pada mesin OHV ( overhead valve). Batang katup ini meneruskan gerakan dari
pengangkat katup ke rocker arm.
e. Valve Lifter
Valve Lifter
berfungsi sebagai landasan push rod untuk mengurangi keausan yang
terjadi pada komponen camshaft.
f. Poros Kam (Camshaft)
Poros kam dilengkapi dengan sejumlah kam yang sama yaitu untuk katup hisap
dan katup buang, dan kam ini membuka dan menutup katup sesuai timing yang telah ditentukan.
g. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder ini terbuat dari paduan aluminium yang ditempa
keras. Kepala silinder yang tebuat dari paduan aluminium memiliki
kemampuan pendinginan yang baik. Pada kepala silinder ini terdapat ruang
bakar dan mekanisme katup. Kepala silinder juga dilengkapi mantel pendingin
yang dialiri air pendingin yang datang dari blok silinder untuk
mendinginkan mekanisme katup dan busi.
Baca juga: Pengertian mekanisme engkol lengkap
Baca juga: Pengertian mekanisme engkol lengkap
Itu saja yang bisa saya jelaskan dalam artikel yang berjudul Apa itu Mekanisme Katup ?, semoga bermanfaat!
Comments
Post a Comment