Apa itu Mekanisme Katup ?

Apa itu Mekanisme Katup ?-

Mekanisme katup (valve mechanism) merupakan bagian penting dari mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) 4 langkah (4 stroke) yang berfungsi untuk mengatur terjadinya proses hisap, proses kompresi, proses usaha, proses buang) pada siklus di dalam mesin agar menghasilkan tenaga sesuai dengan berbagai tingkat percepatan. Mekanisme katup pada intinya digunakan untuk mengatur pembukaan dan penutupan saluran, baik itu saluran masuk (intake manifold) maupun saluran buang (exhaust manifold) sehingga proses yang terjadi pada ruang bakar (combustion chamber) dapat bekerja secara sistematis dan teratur. Proses-proses yang terjadi pada siklus mesin 4 langkah sangat tergantung dari kinerja mekanisme katup. Mekanisme katup memiliki dua tipe, yaitu:

OHV (Over Head Valve)

Over Head Valve adalah tipe mekanisme katup yang paling tua, untuk mobil mobil modern sudah jarang digunakan. Pada tipe ini camshaft berada dibawah (dibagian cylinder blok mesin) dan menggunakan push rod untuk menggerakkan rocker arm atau pelatuk katup.
Konstruksinya sebagai berikut:

Komponen mekanisme katup OHV:
a. Katup
b. Pegas katup
c. Rocker arm
d. Push rod
e. Valve lifter
f. Camshaft
g. Cylinder head

OHC (Over Head Camshaft)

Over Head Camshaft adalah tipe mekanisme katup selain OHV, tipe ini banyak digunakan pada mobil mobil modern.Yang membedakan dari tipe OHV adalah tipe OHC ini camshaft berada diatas atau di cylinder head, langsung menekan rocker arm tanpa perantara push rod.
Konstruksinya sebagai berikut:

Kemudian saya akan menjelaskan komponen komponen yang ada pada mekanisme katup

a. Katup (Valve)

Katup pada mesin berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru dan pengeluaran gas bekas, untuk melaksanakan kerja tersebut katup harus membuka dan menutup tepat pada waktuya. Pada saat katup terbuka poros kam berada pada pengangkatan (high cam), terbukanya katup ditekan olehrocker arm, pada saat katup tertutup poros kam pada posisi bebas ( low cam), pegas katup akan mengembalikan/menarik katup untuk menutup

b. Pegas katup (valve spring)

Pegas katup berfungsi untuk mengembalikan posisi katup. Jika camshaft digunakan untuk membuka katup maka valve spring berfungsi sebaliknya untuk menutup katup.

c. Rocker Arm

Rocker arm dipasang pada rocker shaft, bila rocker arm ditekan keatas oleh batang penekan, katup akan tertekan dan terbuka. Rocker arm di lengkapi dengan sekrup dan mur pengunci untuk penyetelan katup.

d. Batang Penekan (Push Rod)

Batang penekan berbentuk batang yang kecil masing-masing dihubungkan pada pengangkat katup dan rocker arm pada mesin OHV ( overhead valve). Batang katup ini meneruskan gerakan dari pengangkat katup ke rocker arm.

e. Valve Lifter

Valve Lifter berfungsi sebagai landasan push rod untuk mengurangi keausan yang terjadi pada komponen camshaft.

f. Poros Kam (Camshaft)

Poros kam dilengkapi dengan sejumlah kam yang sama yaitu untuk katup hisap dan katup buang, dan kam ini membuka dan menutup katup sesuai timing yang telah ditentukan.

g. Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kepala silinder ini terbuat dari paduan aluminium yang ditempa keras. Kepala silinder yang tebuat dari paduan aluminium memiliki kemampuan pendinginan yang baik. Pada kepala silinder ini terdapat ruang bakar dan mekanisme katup. Kepala silinder juga dilengkapi mantel pendingin yang dialiri air pendingin yang datang dari blok silinder untuk mendinginkan mekanisme katup dan busi.
Baca juga: Pengertian mekanisme engkol lengkap

Itu saja yang bisa saya jelaskan dalam artikel yang berjudul Apa itu Mekanisme Katup ?, semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

8 Alat Ukur Yang Biasa Digunakan Saat Overhaul

3 Susunan Dasar Sistem EFI

Overhaul Mesin Kijang 3K Sesuai Prosedur